Cari Blog Ini


MEMBUAT ARTIKEL LAYAK JUAL

Written By Menulis untuk Kehidupan on Rabu, 07 Maret 2012 | Rabu, Maret 07, 2012

MEMBUAT ARTIKEL LAYAK JUAL
                Bagaimana membuat artikel anda layak jual, syukur-syukur mampu memikat hati redaktur untuk memuatnya ???. berikut ini ada beberapa tips syarat artikel layak jual .
1.       Judul Memikat
Buatlah judul yang memikat. Terkadang judul yang “ Kontroversi dan provokatif mempunyai daya tarik tersendiri. Pada kesempatan lain bisa saja membuat judul yang mengandung sastra. Keterampilan membuat judul juga perlu dilatih terus-menerus. Usahakan membuat judul yang “ semenarik mungkin “. Mengapa harus membuat judul yang unik dan menarik, karena biasanya pihak redaksi tidak punya waktu banyak untuk membaca artikel.
2.       Actual dan Faktual
Dua kata kunci yang amat mempengaruhi sebuah artikel layak muat atau tidak. Artikel anda harus factual,  karena anda membuat karya non fiksi, bukan fiksi yang bisa dibuat sesuka hati. walaupun anda bebas memilih tema, atau terserah anda menulis artikel, namun anda tidak boleh sembrono menulisnya.Harus sesuai fakta yang ada.
Mengapa pula artikel yang anda tulis kudu actual ?,, karena anda menulis artikel untuk media massa harian. Karena itu, tidak bisa tidak , anda harus pandai-pandai menulis segala sesuatu yang baru.
3.       Bahasa Jurnalistik
Dalam membuat sebuah artikel di media massa memang berbeda dengan model tulisan di perguruan tinggi. Gunakanlah bahasa jurnalistik. Ciri-ciri bahasa jurnalistik, singkat, padat, sederhana, lancer, jelas, lugas dan menarik. Lebih jelasnya bahasa jurnalistik adalah bahasa Koran. Untuk melatih kemampuan yang satu ini, mau tak mau anda harus rajin membaca media massa, baik surat kabar, tabloid, majalah dan sebangsanya.
4.       Ada Sesuatu yang Baru
Sebuah surat kabar biasanya menuntut hal-hal yang baru. Mungkin tema yang anda tulis sama dengan kebanyakan penulis lainnya. Disinilah diperlukan trik khusus. Cari sesuatu yang beda dari tema serupa. Angkatlah sesuatu yang berbeda dari sisi lain. Gunakan cara pandang dari sudut yang berbeda, mengandung unsure baru, pencerahan dan menyoroti sisi lain dengan sajian menarik, unik dan khas jelas akan membuat redaktur  terpikat dan kepincut dengan tulisan anda.
5.       Analisis yang tajam
Janganlah setengah –setengah dalam menggali sesuatu di balik peristiwa. Gunakan pemikiran atau pendapat para ahli untuk memperdalam analisis anda.
6.       Reaktualisasi Tema
Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan reaktualisasi tema ?. Reaktualisasi tema dapat anda lakukan sebagai trik menulis artikel, yakni mengaktualkan kembali tema-tema yang pernah terjadi. Biasanya berkaitan dengan momentum sejarah. Misalnya, 17 agustus, hari kartini, hari ibu, hari pendidikan nasional.

Sumber : Menembus Koran, Cara Jitu Menulis Artikel Layak Jual
Penulis: Bramma Aji Putra
Penerbit: Leutika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar