Cari Blog Ini


PROYEK MENULIS BUKU ANTOLOGI CERPEN “ CINTA BERNILAI DAKWAH “ 2012

Written By Menulis untuk Kehidupan on Jumat, 03 Agustus 2012 | Jumat, Agustus 03, 2012


PROYEK MENULIS BUKU ANTOLOGI CERPEN “ CINTA BERNILAI DAKWAH “ 2012
Deadline : 30 agustus 2012

Menulis Untuk Kehidupan

Bismillahirrahmanirrahim…

Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia akan menerbitkan buku antologi cerpen perdana karya anggotanya. Namun proyek antologi ini juga terbuka untuk umum yang bukan anggota FAM Indonesia.
Adapun tema yang diangkat dalam proyek antologi cerpen ini adalah “Cinta Bernilai Dakwah”, cinta yang maha luas, bukan cinta picisan, apalagi cinta monyet. Cinta dimaksud adalah cinta kepada sesama muslim, cinta kepada orangtua, cinta kepada guru, cinta kepada saudara yang berkekurangan, cinta kepada lingkungan dan tentu saja cinta kepada Allah, Tuhan Maha Pemilik Cinta.

Kenapa antologi cerpen ini bertema cinta? Mengutip untaian syair Buya Hamka, sastrawan yang juga ulama itu, beliau berkata: “Seni tidak ada kalau cinta tidak ada. Apa sebabnya ada keindahan? Sebabnya ialah karena ada cinta. Dengan cinta alam diciptakan. Tiap awal surat Quran dimulai dengan “Bismillahirrahmanirrahim”. Di atas nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang. Itulah kunci rahasia cinta di alam ini. Timbulnya perasaan halus ialah karena cinta. Segala seni yang tinggi, syair, musik, lukisan, adalah laksana rumus untuk membuktikan adanya Yang Rahman dan Yang Rahim. Sumber Segala Cinta.”

Demikianlah penerbitan antologi ini digagas. Harapannya dari cerpen-cerpen bertema cinta itu ada hikmah dan pesan-pesan agama yang dapat dipetik dan bermanfaat bagi pembacanya.

Lalu, apa syarat mengikuti proyek antologi cerpen ini? Adapun ketentuan/kriteria naskah yang diterima adalah sebagai berikut:

1. Penulis adalah anggota Forum Aktif Menulis  (FAM) Indonesia yang mengantongi Nomor Id keanggotan FAM Indonesia, maupun non-anggota.

2. Naskah cerpen harus asli karya sendiri, bukan jiplakan atau terjemahan dan sedang tidak diikutsertakan pada event lomba menulis dimanapun.

3. Cerpen bertema: “Cinta Bernilai Dakwah”.

4. Bentuk cerpen bebas, minimal 4 halaman dan maksimal 7 halaman.

5. Cerpen ditulis/diketik dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)

Syarat Pengiriman Naskah:

1. Tulisan diketik rapi di kertas HVS A4/kuarto.

2. Menuliskan Biodata (ditulis dalam bentuk narasi) disertai foto diri di lembar terakhir cerpen.

3. Cerpen yang diikutsertakan maksimal 2 (dua) judul (yang diterbitkan dalam antologi hanya 1 judul).

4. Naskah cerpen sesuai tema.

5. Naskah dikirim via email: forumaishiterumenulis@yahoo.com (selambat-lambatnya tanggal 30 Agustus 2012).

6. Naskah cerpen yang diikutsertakan dalam antologi ini menjadi milik panitia (hak cipta tetap pada penulis).

7. Buku terbit pada pertengahan/akhir bulan September 2012.

Keterangan tambahan:

1. Biaya penerbitan buku antologi cerpen ini ditanggung bersama-sama, masing-masing penulis menginfakkan biaya Rp. 100 ribu (khusus anggota FAM Indonesia) atau Rp. 150 ribu (non-anggota FAM Indonesia).

2. Biaya tersebut akan digunakan untuk proses cetak buku, meliputi pembuatan kover, layout halaman isi, pengurusan ISBN, dan biaya kirim buku ke alamat masing-masing penulis.

3. Masing-masing penulis akan mendapat 1 (satu) buku antologi sebagai tanda penerbitan. Bila penulis ingin memiliki buku dalam jumlah lebih, maka dapat membelinya kepada FAM Indonesia.

4. Buku dicetak dalam jumlah terbatas yang diniatkan untuk memotivasi anggota FAM Indonesia aktif menulis dan berkarya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan kepada panitia penerbitan lewat email: forumaishiterumenulis@yahoo.com.

Salam aishiteru!
FAM INDONESIA
link : http://famindonesia.blogspot.com/2012/07/proyek-penerbitan-buku-antologi-cerpen.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar